Minggu, 15 Juni 2014

KARYA SENI CETAK TINGGI



CETAK TINGGI

A.    Pendahuluan
Cetak tinggi adalah proses pembuatan dari bahan yang di cungkil atau di cuil, sehingga permukaannya menjadi tinggi dan rendah, seperti relief pada candi borobudur. Pada bagian yang tinggi dilumuri dengan tinta cetak dan alat rol karet. Lalu dicetak pada lembaran kertas sehingga membentuk gambar. 
Acuan cetak tinggi itu serupa dengan panel ukiran atau panel relief. Oleh sebab itu, cetak tinggi disebut juga cetak relief. Acuan cetak tinggi dibuat dari bahan-bahan keras dan lunak. Dalam pendidikan seni, kegiatan mencetak oleh siswa. Bahan sederhana itu antara lain adalah umbi-umbian, kayu lunak dan karet penghapus. Peralatan cukilnya pun sederhana, yaitu pisau pena dan sejenisnya.
Mencukil atau menoreh bukan satu-satunya teknik untuk membuat acuan cetak tinggi, tetapi masih ada teknik yang lain, yaitu menempel. Cara pembuatan plat klise untuk cetak tinggi yaitu langkah pertama adalah membuat sket di atas plat atau klise tersebut. Kemudian mencungkil dengan pahat grafis atau pahat coret. Setelah itu, berilah tinta pada permukaan papan tadi dengan cara diroll lalu dicapkan pada permukaan kertas polos. Maka gambar yang ditoreh akan berpindah ke atas permukaan kertas. Cetak tinggi atau cetak timbul merupakan proses mencetak dengan memanfaatkan bagian yang paling tinggi dari alat cetak. Contoh alat cetak tinggi adalah stempel. Hasil cetakan stempel berasal dari tulisan atau gambar yang timbul pada stempel.
Cetak tinggi adalah bagian dari seni grafis. Seni grafis adalah sebuah karya seni dua dimensi yang proses pembuatannya menggunakan teknik cetak. Di ambil dari kata dalam bahasa Inggris “graph” atau yang berarti membuat tulisan atau gambar dengan torehan dan goresan. Seni grafis lebih memberikan gambaran nyata karena unsur cetak yang lebih jelas.
B.     Alat dan Bahan
1.      Bahan alam: Pelepah pisang, ketela, wortel
2.      Cat air/pewarna
3.      Tinta
4.      Bantalan gabus
5.      Pisau/cutter
6.      Buku gambar A4

C.    Cara Membuat
1.      Potong pelepah pisang atau bahan alam lain yang akan di gunakan
2.      Campur pewarna dengan air
3.      Letakkan pada bantalan
4.      Beri warna salah satu sisi potongan pelepah pisang dengan menempelkannya pada bantalan


5.      Cetak pada buku gambar sesuai pola yang diinginkan

6.      Jadilah karya seni cetak tinggi yang diinginkan
Cetakan pohon sakura (dengan warna berbeda)
7.   
   Hasil Karya Lainnya



Cetakan burung merak

Cetakan sayap kupu-kupu


D.    Tips Membuat Cetak Tinggi
1.      Gunakanlah bahan alami yang sedikit mengandung getah.
2.      Jika bahan yang diinginkan mengandung getah, kalian dapat menghilangkannya dengan mengelap dan tunggu hingga kering.
3.      Saat memotong bahan, gunakanlah pisau/cutter yang tajam agar bahan yang dipotong rata.
4.      Tentukanlah pola terlebih dahulu, agar tidak sembarang mencetak.

10 komentar: