RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Identitas Sekolah : SDN 1 Yehembang Kangin
Kelas/Semester : IV/1
Tema/Sub Tema : Peduli
Terhadap Mahluk Hidup/Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan
Rumahku
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu :
7 x 35
menit
A.
Kompetensi
Inti
- Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak bermain dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi Dasar
SBdP
3.2
Mengenal gambar alam
benda, dan kolase
4.2
Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan
IPA
3.1 Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya
4.1 Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
Matematika
3.1 Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkret/gambar
3.13 Memahami pecahan senilai dan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkret/gambar
4.13 Mengurai sebuah pecahan
menjadi sebagai
hasil penjumlahan atau
pengurangan dua buah pecahan
lainnya dengan berbagi kemungkinan
jawaban
C.
Indikator
SBdP
Membuat
karya seni kolase menggunakan
bahan alam dan barang bekas
IPA
Menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya setelah mengamati gambar
Matematika
·
Menentukan pecahan setelah mengamati gambar dan melengkapi tabel
·
Membedakan pecahan senilai dan tidak senilai setelah melakukan eksplorasi dengan gambar pecahan dan diskusi
kelas
D.
Tujuan
Pembelajaran
- Setelah melakukan eksplorasi dengan gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menentukan pecahan yang senilai dengan pecahan yang ditentukan.
- Setelah mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya dengan benar.
- Dengan menggunakan bahan alam dan barang bekas, siswa mampu membuat karya seni kolase dengan teknik yang benar.
E. Materi Pembelajaran
TEKNIK MENGGAMBAR HEWAN
Setelah mengetahui persiapan-persiapan secara
umum untuk menggambar alam, sekarang
tiba saatnya untuk mengetahui teknik menggambar hewan. Tentunya untuk siswa SD Kelas 4, tidak perlu teknik-teknik
yang terlalu rumit. Yang paling penting diberikan salah
satu contoh teknik sederhana. Berikut ini akan diberikan contoh teknik
menggambar kodok
dan singa.
·
Menggambar Kodok
Untuk menggambar kodok yang gambar jadinya
seperti ini
diperlukan langkah-langkah, seperti di bawahnya.
Langkah-langkah menggambarnya sebelum menjadi
gambar kodok
akhir.
MEMBUAT GAMBAR TUMBUHAN DENGAN
TEKNIK MENEMPEL REMPAH-REMPAH
Kolase dari rempah-rempah.
Alat dan Bahan:
- Kertas gambar
- Lem
- Kunyit
- Daun pandan
- Kulit bawang putih dan kulit bawang merah yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Temu kunci (rempah yang mirip dengan jahe dan kunyit, tetapi lebih lurus, dan panjang).
- Lem
- Pigura
Cara Membuat:
- Siswa diminta untuk membuat gambar bunga, batang, dan daun dalam kertas gambar.
- Kemudian, siswa diminta menempelkan temu kunci pada bagian batang, kulit bawang putih, dan bawang merah pada bagian bunga, dan daun pandan pada bagian daun dengan menggunakan lem.
- Setelah semua ditempelkan, siswa diminta memasukkan gambar ke dalam pigura.
BAGIAN-BAGIAN BUNGA DAN FUNGSINYA
a.
Putik
Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina.
Putik terdiri atas kepala putik dan tangkai putik. Pada bagian dasar tangkai
putik terdapat bagian yang kelak akan menjadi buah dan biji. Apabila
serbuk sari berhasil menempel pada bagian kepala putik maka terjadi
proses penyerbukan. Proses penyerbukan merupakan awal
dari perkembangbiakan pada tumbuhan.
b.
Mahkota
Mahkota bunga umumnya memiliki warna bermacam-macam sehingga disebut perhiasan
bunga. Warna yang menarik itu berguna untuk memikat
kupu-kupu atau serangga lainnya agar hinggap pada
bunga. Serangga tersebut dapat membantu dalam proses penyerbukan.
c.
Benang Sari
Benang sari terdapat pada bagian
tengah bunga yang berdekatan dengan mahkota bunga.
Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan. Benang sari terdiri atas tangkai
sari dan kepala sari.
d.
Kelopak
Kelopak bunga merupakan bagian yang
melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup. Biasanya, bentuk dan
warnanya menyerupai daun.
e.
Tangkai
Tangkai bunga merupakan bagian yang berada
pada bagian bawah bunga. Tangkai ini berperan sebagai penopang bunga
dan sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting.
POHON
PECAHAN SENILAI
Mengurutkan
Pecahan
Jawaban dapat bervariasi tergantung pecahan yang
dipilih siswa dari pohon pecahan diatas.
Misalnya siswa memilih nilai pecahan 1/5, 6/12, 1/4, 3/15, 1/2, 3/9, 5/10, 4/6, 3/6,
1/3. Urutkan dari yang paling besar hingga terkecil adalah 1/2, 3/6, 5/10, 6/12, 1/3, 3/9, 1/4, 4/16,
1/5, 3/15
Ayo Temukan Jawabannya
F.
Metode dan Pendekatan
Pembelajaran
Metode : Tanya jawab, diskusi kelompok, ceramah
Pendekatan : Saintifik
(mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar,
dan mengkomunikasikan)
G.
Media, Alat, dan Sumber belajar
Media : Gambar bunga, kartu bilangan pecahan,
dan lingkungan sekitar
Alat : Kertas HVS, gunting,
spidol warna, lem, tali
Sumber : Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Peduli Terhadap Mahluk Hidup
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.
Guru
dan siswa memulai kegiatan dengan berdoa bersama.
3.
Guru
mengecek kehadiran siswa.
4.
Guru
melakukan apersepsi dengan melakukan senam otak sederhana
Gerakan pertama
a.
Tangan
kiri terbuka menghadap ke samping kanan.
b.
Tangan
kanan menunjuk tangan kiri dengan posisi ibu jari menghadap ke atas dan
telunjuk kearah tangan kiri.
c.
Ulangi
gerakan secara bergantian antara tangan kiri dan tangan kanan.
Gerakan kedua
a.
Tangan
kiri seperti gerakan memukul.
b.
Tangan
kanan lurus kedepan kemudian ditekuk berulang-ulang.
c.
Ulangi
gerakan secara bergantian antara tangan kiri dan tangan kanan.
Gerakan ketiga
a.
Tangan
kanan menepuk-nepuk kepala bagian atas.
b.
Tangan
kiri menggosok-gosok perut di daerah pusar.
c.
Ulangi
gerakan secara bergantian antara tangan kiri dan tangan kanan.
Gerakan keempat
a.
Kedua
tangan dalam posisi mengepal menghadap ke atas.
b.
Tangan
kanan mengeluarkan ibu jari dan tangan kiri mengeluarkan jari
kelingking(secara bersamaan).
c.
Ulangi
gerakan secara bergantian antara tangan kiri dan tangan kanan.
Gerakan kelima
a.
Tangan
kiri mengeluarkan jari telunjuk dan jari tengah.
b.
Tangan
kanan menunjuk tangan kiri dengan posisi ibu jari menghadap ke atas dan
telunjuk kearah tangan kiri.
c.
Ulangi
gerakan secara bergantian antara tangan kiri dan tangan kanan.
Gerakan keenam
a.
Tangan
kanan memutar berlawanan arah jarum jam.
b.
Tangan
kiri juga berputar berlawanan arah jarum jam.
c.
Ulangi
secara bergantian arah putar
5.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan
menyampaikan cakupan materi.
6.
Siswa
dikelompokkan menjadi 4 kelompok
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa
mengamati gambar yang terdapat di buku siswa (mengamati)
2.
Siswa
menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa (menalar)
3.
Siswa
secara berkelompok, mengeksplorasi gambar(pohon pecahan) dan kartu pecahan (menalar)
4.
Siswa
melengkapi pohon pecahan dengan menentukan pecahan yang senilai (mencoba)
5.
Setelah
melengkapi pohon pecahan, siswa menggambar kodok untuk mengetahui bentuk luar
hewan dan fungsinya(mencoba)
6.
Siswa
bersama kelompok pempresentasikan hasil diskusi tentang bentuk luar hewan dan
funsinya (mengkomunikasikan)
7.
Siswa
mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan guru dengan
kelompok masing-masing (menalar)
8.
Siswa
menyampaikan pendapat lewat presentasi perkelompok (mengkomunikasikan)
9.
Siswa
membuat gambar tumbuhan dengan teknik menempel rempah-rempah (mencipta)
10. Siswa memamerkan
hasil karya kolase di depan kelas dan dapat dilihat oleh seluruh masyarakat
sekolah(mengkomunikasikan)
11. Guru mengkonfirmasi
pengetahuan yang telah diperoleh siswa.
12. Guru memberikan
penguatan terhadap hasil diskusi siswa
|
200 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Siswa
bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
2.
Siswa
mengerjakan evaluasi.
3.
Siswa
bersama guru mengadakan refleksi.
4.
Guru
memberikan tugas untuk menuliskan manfaat hewan dan tumbuhan yang ada di
lingkungan rumah, minimal 2 tumbuhan dan 2 hewan
5.
Siswa
bersama guru mengakhiri kegiatan dengan doa bersama dan salam penutup.
|
25 menit
|
I.
Penilaian
1. Daftar penilaian sikap
Deskripsi Penilaian
Kriteria
|
Bagus sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu berlatih lagi (1)
|
Rasa
Ingin Tahu
|
Selalu
berupaya untuk memperluas pengetahuan
|
Sering
berupaya untuk memperluas pengetahuan
|
Kadang-kadang
berupaya untuk memperluas pengetahuan
|
Tidak
berupaya untuk memperluas pengetahuan
|
Bekerja
Sama
|
Bekerja
sama untuk menyelesaikan tugas. Menunjukkan sikap positif terhadap teman
|
Sebagian
besar sikap menunjukkan sikap positif terhadap tugas dan teman, dan terlibat
langsung untuk menyelesaikan sebagian besar tugas.
|
Terkadang
dapat bekerja sama, menertawakan teman atau hasil pekerjaan teman
|
Tidak
bisa bekerja sama dengan teman dan menunjukkan sikap negative terhadap teman
|
Teliti
|
Selalu
teliti dalam menyelesaikan tugas
|
Cukup
teliti dalam menyelesaikan tugas
|
Sering
tidak teliti dalam menyelesaikan tugas
|
Tidak
pernah teliti dalam menyelesaikan tugas
|
Disiplin
|
Selalu
menjaga etika dan tepat waktu
|
Kadang-kadang
kurang menjaga etika dan tepat waktu
|
Sering
tidak menjaga etika dan tepat waktu
|
Tidak
pernah menjaga etika dan tepat waktu
|
Tanggung
jawab
|
Selalu
memiliki etos kerja yang tinggi
|
Sering
memiliki etos kerja yang tinggi
|
Kadang-kadang
memiliki etos kerja yang tinggi
|
Tidak
pernah memiliki etos kerja yang tinggi
|
Lembar Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Pengembangan
Prilaku
|
|||||||||||||||||||
Rasa
Ingin Tahu
|
Bekerja Sama
|
Teliti
|
Disiplin
|
Tanggung jawab
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
1 : Sikap tidak terlihat
2 : Sikap mulai
terlihat
3 : Sikap telah
berkembang
4 : Sikap telah
membudaya
Skor maksimal
Ideal : 20
Rumus menghitung
nilai.
Nilai = x 100
1. Penilaian Keterampilan
a. Penilaian Unjuk Kerja
No
|
Nama
|
Kriteria
|
|||
Menggambar tumbuhan dengan teknik
menempel rempah-rempah
|
|||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Kurang (mendapat
skor 1 apabila siswa tidak menggambar tumbuhan dengan teknik menempel rempah-rempah dengan tepat)
|
2
|
Cukup (mendapat
skor 2 apabila siswa menggambar
tumbuhan dengan teknik menempel rempah-rempah dengan kurang tepat dan kurang
rapi)
|
3
|
Baik (mendapat
skor 3 apabila siswa dapat menggambar tumbuhan dengan teknik menempel rempah-rempah dengan tepat
namun kurang rapi)
|
4
|
Sangat baik (mendapat
skor 4 apabila siswa dapat menggambar tumbuhan dengan teknik menempel rempah-rempah dengan tepat
dan rapi)
|
b. Penilaian Diskusi
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
|||||||||||||||
Mendengarkan
|
Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah, suara)
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Keruntutan berbicara
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian:
Aspek Mendengarkan
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Tidak mendengarkan
teman yang sedang berbicara.
|
2
|
Masih perlu diingatkan
untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
|
3
|
Mendengarkan teman
yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
|
4
|
Selalu mendengarkan
teman yang sedang berbicara.
|
Aspek Komuniksi nonverbal
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Tidak merespon dan
menerapkan komunikasi nonverbal
|
2
|
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan
|
3
|
Merespons dengan
tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
|
4
|
Merespons dan
menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
|
Aspek Partisipasi
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Tidak pernah berbicara dan ikut berpartisipasi saat diakusi
|
2
|
Jarang berbicara dan berpartisipasi selama proses diskusi berlangsung.
|
3
|
Isi pembicaraan
menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya saat diskusi.
|
4
|
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, merespons sesuai dengan topik.
|
Aspek Keruntutan Berbicara
Skor
|
Kriteria
|
1
|
Tidak pernah berbicara dalam diskusi
|
2
|
Masih perlu berlatih untuk berbicara secara runtut
|
3
|
Menyampaikan pendapatnya secara runtut, tetapi belum konsisten.
|
4
|
Menyampaikan pendapatnya secara runtut dari awal hingga akhir.
|
Penghitungan nilai unjuk kerja dan diskusi
dijadikan satu.
Skor maksimal Ideal : 20
Rumus menghitung nilai.
Nilai = x 100
2. Penilaian Pengetahuan
Soal
(a) Tes tertulis
1. Jelaskanlah
fungsi tumbuhan berdasarkan
bentuk luarnya! Paling sedikit 5! Skor 4
2. Jelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan
dan manusia dengan tumbuhan dengan benar! Skor 4
3. Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil
hingga yang terbesar!
Skor 2
1. 6/24
2. 8/24
3. 8/24
4. 20/24
2. 8/24
3. 8/24
4. 20/24
4. Buatlah karya seni kolase dengan menggunakan bahan
alam dan barang bekas! Skor 5
(b) Tes
lisan
1. Ceritakan
dengan singkat, kewajiban
sebagai warga terhadap hewan dan tumbuhan! Skor 5
Kunci Jawaban
(a) Tes tertulis (Jawaban yang diharapkan dari
siswa)
1. Fungsi tumbuhan berdasarkan bentuk luarnya adalah sebagai berikut.
a. Akar
Akar adalah bagian tumbuhan yang umumnya berada
di dalam tanah. Untuk
beberapa jenis tumbuhan, akar juga terdapat di atas tanah bahkan menggantung. Akar berfungsi sebagai bagian yang
mengokohkan tumbuhan. Jika tumbuhan tidak memiliki akar, tumbuhan akan mudah dicabut,
mudah roboh ketika diterpa angin, atau hanyut terbawa air ketika turun hujan. Zat-zat mineral dan air yang
dibutuhkan untuk membuat makanan diserap oleh akar dari dalam tanah. Namun, pada beberapa tumbuhan
tertentu, akar tidak hanya berfungsi menyerap
air dan mineral, tetapi juga berfungsi sebagai penyimpanan cadangan makanan, misalnya pada beberapa
tumbuhan umbi-umbian.
b.
Bunga
Bunga merupakan bagian
tumbuhan yang berfungsi
sebagai alat perkembangbiakan.
c.
Daun
Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis adalah daun. Daun banyak mengandung zat warna hijau yang disebut klorofil. Daun terdiri atas tangkai daun, dan helaian daun.
d.
Batang
Bagian tumbuhan yang berada di atas tanah adalah batang yang berfungsi sebagai
tempat munculnya
daun, bunga, dan buah. Batang juga
berfungsi mengedarkan mineral dan air yang
diserap akar, serta zat makanan hasil fotosintesis
ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.
e.
Buah
Buah merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi melindungi biji. Contohnya buah mangga dan buah apel.
Buah terdiri atas daging buah dan biji.
Bagian yang kita
makan biasanya daging buahnya.
2. Hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan
manusia dengan tumbuhan adalah sebagai berikut.
a. Hubungan antara hewan dengan tumbuhan
Salah satu
contohnya adalah mahkota bunga pada umumnya memiliki warna bermacam-macam sehingga
disebut perhiasan bunga. Warna
yang menarik itu berguna untuk memikat lebah atau
serangga lainnya agar hinggap pada bunga. Serangga tersebut dapat membantu dalam proses
penyerbukan.
b.
Hubungan
manusia dengan tumbuhan
Contohnya, bunga-bunga
di sekitar rumah terlihat sangat subur dan
beraneka warna. Pemilik rumah
rajin merawat bunga-bunga tersebut.
Ia menyiramnya setiap hari dan memberikan pupuk secara
teratur. Bunga
tersebut membuat lingkungan rumah menjadi indah
dan sejuk dipandang mata. Beberapa jenis bunga menghasilkan
wangi, sehingga membuat udara di lingkungan rumah
menjadi segar.
3.
Urutan
pecahan dari yang terkecil hingga yang terbesar adalah sebagai berikut.
1. 6/24
= 1/4
2. 8/24 = 4/12
3. 9/24 = 3/8
4. 20/24 = 5/6
kesimpulan: jadi urutannya adalah:
1/4, 4/12, 3/8, 5/6
2. 8/24 = 4/12
3. 9/24 = 3/8
4. 20/24 = 5/6
kesimpulan: jadi urutannya adalah:
1/4, 4/12, 3/8, 5/6
(b) Tes lisan (jawaban menyesuaikan)
Rubrik
penilaian.
Soal no 1.
Diberikan skor 4 apabila semua jawaban benar
Diberikan skor 3 apabila empat jawaban benar
Diberikan skor 2 apabila dua jawaban benar
Diberikan skor 1 apabila satu jawaban benar
Diberikan skor 0 apabila siswa tidak menjawab
Soal no 2.
Diberikan skor 4 apabila semua jawaban benar
Diberikan skor 3 apabila tiga jawaban benar
Diberikan skor 2 apabila dua jawaban benar
Diberikan skor 1 apabila satu jawaban benar
Diberikan skor 0 apabila siswa tidak menjawab
Soal no 3
Diberikan skor 2 apabila semua jawaban benar
Diberikan skor 1 apabila dua jawaban benar
Diberikan skor 0 apabila siswa tidak menjawab
Soal no 4
Diberikan skor 5 apabila siswa membuat dengan teknik yang tepat
Diberikan skor 4 apabila siswa membuat dengan teknik yang cukup tepat
Diberikan skor 3 apabila siswa membuat dengan teknik yang kurang tepat
Diberikan skor 2 apabila siswa membuat kurang tepat dan kurang rapi
Diberikan skor 1 apabila siswa membuat tidak tepat
Penghitungan nilai tes
tertulis dan tes lisan dijadikan satu.
Skor maksimal
Ideal : 20
Rumus menghitung
nilai.
Nilai = x 100
Penghitungan nilai setiap siswa:
Nilai =
Tabel Konvensi Nilai
No.
|
Rentangan Skor
|
Kategori
|
1.
2.
3.
4.
|
85-100
70-84
55-69
0-54
|
Sangat baik (A)
Baik (B)
Cukup (C)
Kurang (D)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar